Purworejo Berpotensi Hasilkan Garam dengan NaCl Tinggi

Penggaraman dengan menggunakan tunnel system merupakan salah satu metode baru, dimana dengan model tertutup menggunakan lahan terasering.

Penerapan model tertutup membuat produksi garam bisa dilakukan sepanjang tahun, walaupun musim hujan.

Walaupun berada di dalam ruang yang tertutup plastik, namun suhu udara dijaga tetap tinggi agar proses kristalisasi dapat terjadi.

Dimana lahan pembuatan garam dibuat dengan berpetak- petak secara bertingkat, sehingga air dapat mengalir dengan menggunakan gaya gravitasi.

Lebih lanjut, sampai pertengahan tahun 2021, produksi garam terus meningkat dari 2,2 ton pada Januari, menjadi 3,1 ton pada Mei.

“Pemasaran dilakukan dalam bentuk curah dan kemasan 200 gram, 1.000 gram, 5.000 gram, maupun 25 kg. Produk garam ini digunakan untuk keperluan pupuk tanaman, suplemen pakan ternak, ikan dan udang, pengobatan, dan sebagainya,” kata Wasit.

Baca Juga :   E-Makaryo, Platform Pencari Kerja di Jateng

Sementara itu, Bupati Purworejo, RH Agus Bastian, menyampaikan, Kabupaten Purworejo memiliki garis pantai sepanjang 22 kilometer. Potensi alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan garam sebagai lapangan usaha baru. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati