Anti Obat Pencahar, 6 Cara Alami Atasi Sembelit

Mitrapost.com – Sembelit masalah kesehatan yang kerap kali disebabkan oleh kurangnya asupan serat, badan kurang gerak, kekurangan cairan, stres, efek samping obat tertentu, sampai kebiasaan menggunakan obat pencahar.

Berikut ini cara alami atasi sembelit.

  1. Serat

Obat sembelit alami yang paling praktis yakni memastikan kebutuhan serat setiap hari terpenuhi. Melansir Cedars-Sinai, serat banyak terkandung di dalam sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian seperti gandum utuh dan nasi merah. Pastikan dalam setiap sesi makan dan camilan setiap hari mengandung serat. Wanita idealnya makan 25 gram serat per hari. Sedangkan pria perlu makan serat sebanyak 30 gram per hari.

  1. Cairan

Ketika makan banyak serat, tubuh juga perlu minum banyak cairan. Saat sembelit, pastikan Anda minum sekitar dua liter cairan per hari. Cairan yang paling mudah diserap tubuh adalah air putih. Awali hari dengan segelas air putih hangat. Selain air putih, bantu pencernaan agar lebih lancar dengan minum jus buah tanpa gula.

  1. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi obat sembelit alami. Tak perlu muluk-muluk, jenis olahraga ringan seperti jalan kaki bisa membantu melancarkan pencernaan.