oleh

Ambulans Unik dari Kabupaten Magelang

Magelang, Mitrapost.com – Ambulans unik kini hadir di kabupaten Magelang, tepatnya di desa Menoreh kecamatan Salaman kabupaten Magelang. Berbeda dengan yang lain, ambulans ini memiliki warna merah muda.

Menurut keterangan dari Lembaga Penanggulangan Bencana Desa (LPBD), Markus Njoto Nugoro bahwa semula ambulans tersebut berwarna putih. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menghilangkan kesan yang menakutkan.

Bpkad Pati

“Ini dilakukan untuk menghilangkan kesan menakutkan,” tutur Markus yang dihubungi Senin (2/8/2021).

Ia juga mengungkapkan bahwa penggantian warna mobil ambulans tersebut dilakukan sejak seminggu yang lalu. Inovasi tersebut pun berasal dari Kepala Desa Menoreh Sutedjo dan didukung oleh seluruh perangkat desa dan LPBD setempat.

Pemilihan warna merah muda dipilih untuk membedakan dengan ambulans yang lain. Ia juga menuturkan bahwa ambulans ini merupakan swadaya pemdes setempat sejak lima tahun lalu.

Baca Juga :   Lima Warga Pekalongan Jadi Korban Investasi Bodong, Uang 230 Juta Raib

Dengan warna yang mencolok, maka ambulans ini mendapatkan julukan Si Legem.

Kepala desa Menoreh juga mengungkapkan bahwa Si Legem sudah mengantarkan pasien beberapa kali. Selain itu juga pernah digunakan untuk membawa jenazah yang terpapar Covid-19 dari rumah sakit rujukan di kota Magelang. Dalam sehari, ambulans pink tersebut dapat berpoperasi hingga tiga sampai empat kali.

Walaupun berwarna pink, ambulans juga dilengkapi dengan sirine tetap dibunyikan sebagai penanda ada mobil khusus yang harus didahulukan melintas.

Pemkab Magelang juga berencana untuk memberikan fasilitas mobil ambulans yang diberikan ke desa lainnya.

Menurutunya, bila mobil ambulans dari bantuan Pemkab Magelang tersebut turun, maka Si Legem tetap dioperasikan untuk mobil ambulans. Sedangkan ambulans bantuan dari pemerintah akan dijadikan mobil siaga desa. (*)

Baca Juga :   Ditemukan Varian Delta, Ganjar Minta Pemkab Lebih Siaga

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait