Petani Pati Gencarkan Penjualan Produk Porang Olahan

Pati, Mitrapost.com – Asosiasi Petani Porang Pati (Asperati) gencarkan produk porang olahan untuk ekspor, mendukung wacana Presiden Jowo Widodo tak mengekspor porang dalam bentuk umbi.

Penasehat Asperati Pati, Gunawan menjelaskan porang yang dijual dalam bentuk umbi ke luar negeri rawan dicontek proses budidayanya oleh negara importir.

“Kita edukasi petani jangan sampai bahan mentah di ekspor, nanti bisa dijadikan benih. Dari asosiasi memberikan imbauan untuk menahan jangan sampai mengekspor bahan baku untuk bibit maupun dalam bentuk umbi porang. Harus olahan,” jelas Gunawan kepada Mitrapost.com saat ditemui di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Dengan adanya teknologi kultur jaringan, umbi porang dari Indonesia dapat diteliti cara budidayanya dengan teknologi modern.

Baca Juga :   350 Petani Milenial Pati Dikukuhkan

Gunawan menyontohkan, beberapa dekade yang lalu negara Thailand belajar dan mengimpor komoditas hortikultura dari Indonesia, saat memahami cara pengembangannya mereka secara mandiri membudidaya dan mengendalikan harga. Bahkan saat ini negara Thailand diketahui menjadi penghasil hortikultura terbesar di Asia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati