Toko Modern di Pati Kurang Akomodir Produk UMKM

Pati, Mitrapost.com – Toko modern atau toko retail belum sepenuhnya mengakomodir produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Produk-produk UMKM yang terpampang di toko modern hanya sedikit dan kurang dari 20 persen dari kapasitas toko.

Terlihat produk UMKM Pati terpajang persis di rak depan kasir. Rak itu menghadap ke pintu masuk toko. Kondisi tersebut berada di salah satu toko modern Pati. Harganya mulai Rp 10-20 ribuan. Produknya masih berupa makanan kering.

Produk tersebut bisa masuk ke toko ritel setelah melalui tahapan seleksi. Misalnya, waktu kadulawarsanya yang lama. Harus melewati lolos BPOM.

Ketua Kupat Pati, Yuli mengatakan, sejumlah produk UMKM dari Pati sudah masuk ke toko ritel. Tapi hanya makanan kering. Belum ada produk kopi ataupun coklat di toko-toko tersebut.

Baca Juga :   Lumpuhnya Sektor Usaha jadi Penyebab Utama Meningkatnya Kemiskinan di Pati

Ia mengungkapkan tak semua produk boleh masuk. Hanya makanan ringan saja yang diperkenankan masuk menghiasi rak toko.

“Tapi hanya sedikit yang masuk toko. Tak ada 20 persen. Toh temen-temen UMKM pemain lama yang mengisi di toko ritel,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati