Memakai Masker Picu Jerawat di Wajah, Berikut Cara Mengatasinya

Mitrapost.com – Memakai masker menjadi suatu barang yang wajib untuk mencegah penularan Covid-19 yang belum berakhir hingga kini. Namun, memakai masker sering kali bisa memicu jerawat di wajah.

Hal cukup merisaukan Sebagian orang. Pasalnya, tak hanya mengganggu penampilan munculnya jerawat juga mengganggu kesehatan kulit.

Jerawat muncul akibat masker membuat udara terperangkap saat bernapas atau berbicara. Selain itu, udara tersebut menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap yang merupakan tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang.

Bagaimana cara mengatasinya? Terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasi hal ini. Berikut cara tersebut:

  1. Gunakan pembersih yang lembut

Pembersih yang lembut dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, keringat, dan bakteri. Hindari pembersih yang mengandung alkohol atau parfum karena bisa memicu iritasi.

Baca Juga :   Tips Menjaga Kulit Berminyak, Jauhi 5 Bahan Ini

Jika jerawat lebih parah, cobalah pembersih yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Jika Anda memiliki kulit sensitif, tanyakan kepada dokter tentang jenis pembersih obat terbaik untuk kulit Anda.

  1. Gunakan pelembab noncomedogenic

Setelah mencuci muka, oleskan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Gunakan produk noncomedogenic, yang kemungkinan besar tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

  1. Oleskan krim kortison dan pelembab dengan ceramides

Jika jerawat disertai iritasi dan kulit kasar, Anda bisa mengoleskan krim kortison ringan ke area tersebut bersama dengan pelembab yang mengandung ceramide.