BPBD Demak Tanggapi Banjir Rob Melanda 4 Kecamatan

Demak, Mitrapost.com – Banjir rob di Kabupaten Demak sudah semakin luas. Sekarang sudah ada 4 Kecamatan yang terkena banjir rob yaitu, Kecamatan Sayung, Karangtengah, Bonang, dan Wedung.

Hal ini dijelaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak Agus Nugroho. Ia menjelaskan banjir rob tidak termasuk bencana.

“Sebenarnya rob itu memang dampaknya melebihi bencana. Akan tetapi berdasarkan undang-undang nomer 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana belum termasuk kategori bencana, tapi Fenomena alam,” ungkapnya kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantor.

Namun bagi BPBD, banjir rob tidak harus diperdebatkan. Menurutnya, bagaimana pemerintah (Daerah, Provinsi, dan Pusat) bersama-sama menanggulangi banjir rob di beberapa lokasi khususnya di Demak.

Baca Juga :   Gelar Guest Discussion, BPBD Libatkan Seluruh Stakeholder Hingga Jurnalis

“Karena anggaran di bencana maupun nonbencana semuanya bersumber dari Pemerintah. Sehingga tidak perlu diperdebatkan,” terangnya.

Dalam hal ini BPBD Demak serta beberapa dinas instansi juga sudah mulai sejak dulu mengatasi banjir rob. “Memang kemampuan kami khususnya Kabupaten Demak tidak memadai kalau harus berdiri sendiri, tanpa campur tangan Pemerintah Provinsi maupun Pusat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati