7 Manfaat Tubuh Minum Air Putih yang Cukup

Mitrapost.com – Sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, diimbau untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh dapat bekerja maksimal.

Umumnya, tubuh memerlukan air sekitar 2,5 liter agar tetap terhidrasi. Ketika tubuh dehidrasi dapat menurunkan fungsi kerja organ.

Berikut ini beberapa manfaat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

  1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Cairan dalam tubuh manusia memiliki berbagai fungsi. Mulai dari pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembentukan air liur dan lendir, sirkulasi nutrisi, hingga penyeimbangan suhu tubuh. Inilah mengapa air sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai fungsi tubuh.

Pada pembentukan air liur dan lendir misalnya, fungsi air menjadi penting untuk menjaga kelembapan mulut, hidung, dan mata. Tak hanya itu, darah merupakan salah satu cairan tubuh yang 90 persennya terdiri dari air. Fungsi darah sendiri penting untuk sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

  1. Mempengaruhi fungsi otak

Merangkum dari Helathline, fungsi otak sangat dipengaruhi oleh status hidrasi kita. Sebuah studi menunjukkan, bahkan dengan dehidrasi ringan dapat merusak banyak aspek fungsi otak. Dalam sebuah studi yang melibatkan para wanita muda, peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebanyak 1,4 persen setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi.