Pementasan Seni Barongan Sepi Selama Diberlakukannya PPKM

“Melalui seni, anak-anak mendapat pendidikan dengan cara saling bersosialisasi serta mereka dapat pendidikan dari adanya suatu makna dalam sebuah seni yang menjadi warisan leluhur,” ujar pria yang akrab disapa Iman.

Ia yang merupakan pimpinan seni barongan Macan Kumbang mengenalkan seni sekaligus sebagai alternatif permainan tradisional bagi anak muda. Pasalnya, seni tersebut memberikan aspek gerakan sehingga dapat membuat seseorang lebih aktif.

Perlu diketahui, bahwa seni barongnya mencerminkan sifat-sifat yang dimiliki oleh masyarakat Pati. Yakni sifat kekeluargaan, kesederhanaan, kekompakan, dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

Barongan sendiri merupakan refleksi dari kesenian dan kebudayaan dari masyarakat Pati yang memiliki jiwa kerakyatan dan juga syarat akan berbagai macam makna tertentu di segala aspek kehidupan.

Baca Juga :   Endro Dewan Jateng Serahkan Bantuan Bahan Baku bagi Pelaku UMKM di Pati

Pria yang akrab disapa Iman itu berharap pihaknya akan senantiasa terus konsisten berjuang mengenalkan seni barongan Pati kepada generasi muda di seluruh wilayah Kabupaten Pati, bahkan ke provinsi hingga nasional. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati