7798 Warga Terdampak Luapan Rawa Pening Terima Bantuan

Kepala Bidang Pelayanan Penyandang Masalah Sosial (PPMS) Dinas Sosial Kabupaten Semarang Rini Widiastuti menjelaskan, total ada 100 ton beras cadangan pemerintah. Bahan pangan itu dapat dimanfaatkan untuk membantu warga pada situasi darurat.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Semarang Wigati Sunu menjelaskan, total luasan lahan pertanian yang terendam sekitar 619 hektare. Areal persawahan itu tersebar di 16 desa di sekitar Rawa Pening. Kondisi ini mempengaruhi tingkat produksi pangan dan luas tambah tanam hingga 10 persen. Karena petani tidak bisa tanam selama kurang lebih dua tahun.

“Salah satu solusi adalah meminta BBWS Pemali Juwana untuk membuka pintu air secara bertahap. Sehingga, para petani dapat menanam padi pada musim tanam Oktober nanti,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dukung PTM di Semarang, Dinkes Gencarkan Vaksinasi Pelajar

Salah satu petani penerima bantuan, Ruslim (56) mengaku senang mendapat bantuan. Warga RT 3 RW 9 Kebondowo tersebut tidak bisa panen sejak 2019. Ia pun berharap masalah genangan air dapat segera teratasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati