Banyak Pensiun, Pati Butuh 4 Ribu Guru Baru

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati memerlukan sedikitnya 4 ribuan guru pada tahun 2021 ini. Hal ini dikarenakan banyak guru sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) yang pensiun.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Pati Winarto saat ditemui Mitrapost.com di Pendopo Kabupaten Pati selepas menghadiri Rapat Koordinasi di Ruang Joyokusumo, Senin (13/9/2021) kemarin.

“Kalau kebutuhan guru kita yah banyak ada sekitar 4000-an, tapi fluktuatif. Karena tiap hari ada yang pensiun dan jumlahnya besar terutama di guru SD,” ujar Winarto.

Besarnya pensiunan guru ini dikarenakan adanya program SD Inpres di zaman Orde Baru. Program ini merekrut guru secara besar-besaran demi memajukan pendidikan Indonesia kala itu.

Baca Juga :   Perekrutan Guru Format P3K, Dewan Pati Nilai Tak Adil

Saat ini, pihaknya hanya mampu memenuhi sebagian dari kebutuhan itu. Pemenuhan ini dari program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dilakukan pemerintah pusat dalam beberapa waktu lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati