6 Gejala Kanker Anus yang Patut Diwaspadai

Mitrapost.com – Kanker anus adalah kanker atau pertumbuhan sel-sel yang cepat, tak terkendali, dan ganas pada anus. Kanker anus merupakan jenis kanker yang jarang terjadi.

Salah satu penyakit yang dikaitkan dengan kanker anus adalah infeksi HPV (human papilloma virus). Kanker anus memiliki kemungkinan untuk sembuh, terutama jika terdeteksi pada stadium awal dan segera ditangani.

Berikut ini gejala-gejala kanker anus yang patut diwaspadai merangkum Kompas.com.

  1. BAB berdarah

Melansir Very Well Health, keluarnya darah dari anus baik itu berwarna merah terang atau merah tua adalah gejala umum kanker anus.

Pendarahan ini mungkin terkait dengan keluarnya lendir di tinja juga. Namun, pendarahan mungkin tidak selalu terlihat, dan terkadang hanya terjadi pada skala mikroskopis (tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang).

Baca Juga :   Kenali Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mencegahnya

Sementara pendarahan akibat kanker dubur biasanya menyebabkan darah merah terang atau merah tua (hematochezia), jangan pernah abaikan tinja yang berwarna lebih gelap. Pendarahan yang terjadi di usus besar dan lambung sering tampak hitam dan lembek (melena), atau menyerupai bubuk kopi. Gejala ini juga bisa menjadi tanda peringatan kondisi medis yang serius.

  1. Perubahan kebiasaan BAB

Gejala kanker anus umum lainnya adalah perubahan kebiasaan BAB. Ini bisa berupa diare, sembelit, atau peningkatan maupun penurunan frekuensi BAB.