oleh

Masyarakat Dapat Gunakan Saluran Daring untuk Laporkan Dugaan Korupsi

Jakarta, Mitrapost.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong masyarakat agar turut terlibat aktif menyampaikan aspirasi kepada KPK secara online.

Dalam menyampaikan aspirasinya, masyarakat dapat memanfaatkan saluran online di Pengaduan Masyarakat KPK atau yang dikenal dengan KPK Whistleblower’s System (KWS) melalui http://kws.kpk.go.id.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Publik bisa memanfaatkan saluran online Pengaduan Masyarakat KPK melalui website yang telah kami sediakan,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Ia menyampaikan informasi tersebut bersamaan Ketika merespons adanya aksi massa yang meminta KPK untuk mengusut soal pengadaan proyek Formula E di DKI Jakarta pada Senin (13/9/2021) lalu.

KPK mendorong penyampaian aspirasi berupa pengaduan dugaan tindak pidana korupsi yang mereka peroleh.

Baca Juga :   Maling Uang Rakyat, Kekayaan Bupati Banjarnegara Senilai Rp23,8 Miliar

Menurutnya, hal ini penting agar KPK bisa segera memeriksa validitas dan kelengkapan informasi awal yang diadukan oleh public.

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, pengaduan melalui saluran online dapat memitigasi risiko keamanan terpaparnya identitas pelapor. Selain itu pengaduan melalui saluran online ini merupakan cara yang efektif disaat wilayah DKI Jakarta masih memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

“Penting juga bagi kita untuk bekerja sama mencegah terjadinya kerumuman massa,” ucap Ali

Ali menegaskan, KPK senantiasa mengapresiasi pihak-pihak yang terus gigih menyuarakan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Upaya yang dilakukan KPK melalui integrasi fungsi pencegahan, penindakan, dan pendidikan antikorupsi butuh dukungan penuh dari semua pihak,” tutur Ali. (*)

Baca Juga :   Cegah Korupsi, Hartopo: Jaga Keharmonisan Instansi

Artikel ini telah terbit di kompas.com dengan judul “KPK Minta Masyarakat Gunakan Saluran Daring untuk Laporkan Dugaan Korupsi”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait