Video : Berpotensi Banjir Bandang, BPBD Lakukan Pelatihan Penanganan Bencana di 5 Desa

Pati, Mitrapost.com – Meski belum memasuki musim penghujan, kerap terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pati dalam beberapa hari terakhir.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati memberikan perigatan kepada sejumlah daerah di Pati khususnya di wilayah Kecamatan Tayu dan Dukuhseti sebagai wilayah yang berpotensi alami potensi banjir bandang level sedang dan tinggi.

Martinus Budi Prasetyo, Kepala BPBD Pati mengatakan pihaknya dalam bebearapa minggu terakhir pihaknya telah melakukan pelatihan Masyarakat Tangguh Bencana (Mastana) di enam desa di Kecamatan Dukuhseti yang memiliki potensi banjir bandang tinggi.

“Banjir bandang yang harus kita waspadai di Daerah Tayu, maka tahun ini kita menyiapkan masyarakat tangguh bencana, tidak lagi desa tangguh bencana artinya kita lihat aliran sungai dari hulu ke hilir kita latih bekali persiapan. Seperti kemarin di Kembang dan Dukuhseti,” ungkap Martinus kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya kemarin.