Tilang Elektronik Mampu Tingkatkan Pendapatan Negara Dari Sektor Pajak

Pati, Mitrapost.com – Program  tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) selain mengoptimalkan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas ternyata juga mampu menaikkan pendapatan negara dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Penanggungjawab Teknik Kantor PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Pati, Muhammad Hasbi menerangkan, meski tugas kepolisian tidak mengurus masalah perpajakan, kepolisian masih mempunyai tugas memastikan ke-absah-an kendaraan yang boleh beroperasi di jalan raya, termasuk penindakkan kendaraan yang menunggak pajak.

Melalui aplikasi ETLE, pemilik kendaraan bermotor dapat dideteksi. Informasi penunggakan tersebut berdasarkan informasi di STNK maupun plat nomor kendaraan.

“Bila masyarakat melakukan pelanggaran lalu lintas keterangan yang ada di STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) akan terdeteksi. Dengan ETLE ini harapannya pembayaran pajak meningkat, baik dari pendapatan negara dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP),” kata Hasbi kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.