oleh

Bupati Haryanto Hadiri Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021

Pati, Mitrapost.com – Bupati Haryanto sematkan penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah pegawai Agraria Dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang berprestasi di acara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2021.

Acara tersebut dilaksanakan secara sederhana di halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pati, Jum’at (24/9/2021).

Bpkad Pati

Pada kesempatan itu, Bupati Pati Haryanto yang bertindak sebagai Inspektur upacara membacakan amanat Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. DJalil.

Dalam amanatnya, Haryanto menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Agraria dan Tata Ruang kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia.

“Pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 ini kita mengusung tema melalui Pemulihan Ekonomi “Percepatan Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”, dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker),” ujarnya.

Baca Juga :   Ibu Hamil dan Anak Boleh Divaksin, Bupati Pati Tunggu Pedoman

Hal tersebut dapat diwujudkna secara nyata dengan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan memberi kemudahan usaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Serta mendorong investasi.

Salah satu UU Ciptaker adalah memperbaiki persoalan izin kegiatan berusaha. Di samping itu, adanya UU tersebut memberikan ruang yang lebih luas, serta berikan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin usaha.

Lebih lanjut, Haryanto beri dukungan terkait kemudahan izin melalui penyederhanaan persyaratan. Hanya ada 3 (tiga) persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR) bersama pemerintah daerah. Sehingga pihaknya mendorong adanya pelaksanaan UU Ciptaker tersebut.

Baca Juga :   Setengah Tahun, Disdagperin Pati Kantongi Rp 2,8 Miliar dari Retribusi Pasar

“Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU) diantaranya RTR- Online RDTR RTR-Builder, Interaktif, Konsultasi Publik Online, dan Protaru,” imbuhnya.

Sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkas sebelum datang ke kantor pertanahan.

Pelayanan pertanahan elektronik ini nantinya mampu meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan.

“Wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang,” pungkas Bupati. (*)

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Sabtu 3 Juli 2021

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait