oleh

Memasuki Panen Raya, 80 Persen Lahan Kacang Hijau di Pati Bermasalah

Pati, Mitrapost.com – Tingginya kandungan air akibat hujan yang terus mengguyur saat musim kemarau membuat 80 persen lahan kacang hijau di Pati bermasalah.

Sebagian besar lahan kacang hijau mengalami pertumbuhan yang tidak optimal. Akibat kondisi tersebut produksi panen kacang hijau di Pati mengalami penurunan dibandingkan tahun kemarin.

Bpkad Pati

“Istilahnya salah mongso. Pada Juli lalu, selama 3-4 hari diguyur hujan berturut-turut. Sekarang ini sungguh turun drastis karena tanamannya tidak bisa maksimal karena hujan yang tidak terduga,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Kun Saptono kepada Mitrapost.com, Jumat (24/9/2021).

Hampir rata-rata petani asal Pati selatan mengalami gagal panen. Khususnya area yang berdampingan dengan sungai Silugonggo, seperti Gabus, Jakenan, Jaken dan Winong,

Baca Juga :   Harga Lokal Kalah Saing dengan Impor, Lahan Kedelai Pati Berkurang

Kun menerangkan gangguan akibat genangan air hujan memiliki potensi kerusakan lebih besar dan lebih sulit ditangani dibandingkan kerusakan akibat hama tanaman.

“Kondisi tersebut bisa dikendalikan dengan upaya yang preventif atau segera, karena sifat genangan air hujan sukar surut, akhirnya petani cuma bisa pasrah saja. Menunggu sisa hasil dari di tanamanya,” ungkapnya.

Turunnya produksi panen tahun ini juga mempengaruhi berkurangnya jumlah pengepul kacang hijau di pasaran. Karena barangnya terbatas, para pengepul kacang dadakan tahun ini lebih memilih menjual komoditas lain.

Kendati demikian, menurut Kun harga kacang hijau tahun ini cenderung tinggi. Pada awal panen harganya bisa mencapai Rp 17 ribu per kilogram. Sementara bulan ini saat panen raya harganya masih di angka Rp 16 ribu per kilogram.

Baca Juga :   Tingkatkan Nafsu Makan, KTT Mendo Mulyo Olah Jamu Ternak

“Sekarang banyak yang panen sehingga harganya Rp 16 ribu. Hal ini karena Demak, Kudus, dan Rembang juga panen,” imbuh Kun.

Perlu diketahui, harga kacang hijau pada tahun lalu hanya menginjak di angka Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait