Pemkot Terus Lakukan Kajian Lebih Lanjut Land Subsidence

Lanjutnya, untuk mengetahui persis penurunan tanah dan muka air yang ada di Kota Pekalongan, pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut. Saat ini yang baru bisa dilakukan Pemkot Pekalongan adalah moratorium terhadap rekomendasi pengambilan air bawah tanah yang baru.

“Untuk metode perhitungan penurunan tanah yang digunakan ini bermacam-macam. Yang dilakukan oleh badan geologi ini murni hasil pengukuran. Tetapi ada juga model simulasi yang menggunakan citra satelit. Sehingga, tugas pemkot adalah menyatukan berbagai penelitian terkait land subsidence agar dapat disinkronkan dan diperoleh gambaran pasti seperti apa kondisi penurunan tanah di kota Pekalongan yang imbasnya ke masalah banjir rob,” terangnya.

Kedepannya, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan para peneliti, guna menyelaraskan hasil penelitian tentang masalah penurunan tanah di kota Pekalongan.

Baca Juga :   Dorong Peningkatan Sinergi, Aplikasi Simtramtibum Linmas Diluncurkan

Dengan begitu, diharapkan akan didapati data yang akurat, sehingga dapat dimanfaatkan dengan lebih baik untuk penyusunan kebijakan baik mitigasi, adaptasi serta monitoring maupun mengevaluasi kebijakan yang sudah dilaksanakan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati