BMKG Melapor Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Selatan Jawa Barat

Mitrapost.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan akan ada potensi tinggi gelombang mencapai 4 meter di Perairan Selatan Jawa Barat pada 28 hingga 29 September 2021.

“Masih berdasarkan data prakiraan tinggi gelombang, pada tanggal 29 September, ketinggian gelombang berpotensi mencapai 3 meter di perairan wilayah selatan Jawa Barat. Namun kondisi ril di lapangan, ketinggian gelombang bisa berpotensi lebih tinggi dari prakiraan dan pantauan data satelit,” ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu.

Rahayu mengungkapkan, gelombang tinggi akan ada di Perairan Selatan Jabar. Gelombang tersebut terjadi karena angin kencang sampai 54km/jam (29 knot). Berdasarkan skala Beaufort, angin sekencang itu dapat menyebabkan gelombang laut tinggi (gale).

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Minggu 4 Juli 2021

“Angin kencang yang melanda wilayah Perairan Selatan Jawa Barat juga disebabkan oleh karena menguatnya kembali MJO. Selain itu, angin kencang juga disebabkan oleh aktivitas gelombang equatorial Rossby dan Kelvin yang terpantau aktif mulai awal Dasarian III September 2021 dan diperkirakan akan berakhir pada akhir dasarian III September 2021,” kata Rahayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati