Video : Protes PNBP dan Kenaikan PHP, Nelayan Pati Kibarkan Bendera Putih

Pati, Mitrapost.com – Nelayan Juwana, Kabupaten Pati, memprotes kebijakan pemerintah terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang tertuang dalam dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2021.

Mereka juga menolak kenaikan Pungutan Hasil Perikanan (PHP). Protes dan penolakan ini diwujudkan dengan pengibaran bendera putih di masing-masing kapal nelayan.

Tak berhenti di situ, ketika melakukan pemasangan bendera putih, sebagian nelayan juga mengenakan kostum pocong sebagai sebagai simbol bahwa nelayan saat ini sudah mati. Mereka tidak berani melaut lantaran pajak yang begitu besar.

Ketua Paguyuban Nelayan Mina Santosa Heri Budianto menilai PP Nomor 85 Tahun 2021 sangat memberatkan nelayan. Karena terjadi kenaikan PNBP dan PHP hingga mencapai 4 kali lipat. Kenaikan ini dinilai tidak masuk akal.

Baca Juga :   Hasil Perikanan Pati Capai Rp1,2 Triliun dalam Setahun

“Untuk membayar PNBP dan PHP saja, pendapatan nelayan sudah minus. Kalau ini diberlakukan, maka kami akan mohok melaut,” ujar Heri, pada Selasa (28/9/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati