Video : Sering Diserang Hacker, Patikab CSIRT Dilaunching

Pati, Mitrapost.com – Lantaran masih banyaknya website organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengalami insiden siber, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pun melaunching Patikab CSIRT, Rabu (6/10/2021).

Salah satu insiden siber itu adalah situs dibobol dan diretas oleh hacker. Berdasarkan data Diskominfo Kabupaten Pati, sebanyak 18 situs milik organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Pati diserang hacker pada periode 2018-2019 dan pada tahun 2020 ada 3 situs.

Maka pihak Diskominfo berusaha mengamankan situs-situs ini, agar kejadian serupa tak sering terulang. Menurut Kadiskominfo Kabupaten Pati Indriyanto, pembentukan CSIRT ini juga target nasional.

“Patikab CSIRT bertujuan menyamankan agar sumber aman. CISRT ini merupakan target nasional. Pati termasuk didalamnya. Tahapan kegiatan launching ini sudah dimulai sejak lama. Dan sudah kita launching tetapi terdaftar di BSSN adalah kali ini,” ungkap Indriyanto dalam sambutannya.