Jelang Musim Penghujan, BPBD Rembang : 4 Kecamatan Rawan Banjir

Pati, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang melansir empat kecamatan yang masuk zona rawan bencana banjir.

Berdasarkan hasil pemetaan, empat kecamatan yang dimaksud yakni Kecamatan Sumber, Kecamatan Kaliori, Kecamatan Lasem, dan Kecamatan Pamotan.

Daerah-daerah tersebut dipantau mempunyai sungai-sungai yang tidak efektif, dangkal, dan menyempit. Saat terjadi hujan, air mudah meluap dan berpotensi menggenang pemukiman warga.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rembang, Akhir Budi Asmara melalui Kepala Bidang (Kabid) Darurat dan Logistik Muhammad Murtafi mengungkapkan, secara umum ada dua faktor besar yang menyebabkan potensi banjir. Yakni, pohon tegak di wilayah empat kecamatan tersebut sudah jarang, banyak yang ditebangi dan beralih fungsi menjadi lahan produktif.

Baca Juga :   Video : Tanah Bergerak di Rembang, Dua Rumah Warga Terancam Roboh

Tanpa pohon tegak, air hujan langsung mengalir ke sungai tanpa ada akar dan batang pohon yang menghalanginya.

“Faktor yang pertama, dikarenakan wilayah pegunungan sangat minim pepohonan, sehingga air hujan langsung mengalir ke sungai,” terang Murtafi kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Rabu (6/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati