Jalan Makadam Trembes – Kulutan, Rembang Diaspal Tahun Depan

Rembang, Mitrapost.com – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di Trembes Kecamatan Gunem akhirnya selesai. Salah satu programnya ialah pembuatan jalan makadam yang menghubungkan Trembes dan Desa Kulutan. Terkait hal itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz ingin jalan makadam itu diaspal tahun depan.

Dandim 0720 Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, Bupati Rembang Abdul Hafidz, dan Wakil Bupati Mochammad Hanies Cholil Barro’ meninjau jalan makadam dan jembatan hasil program TMMD menggunakan motor trail. Mereka melakukan peninjauan ketika meresmikan penutupan program TMMD.

Mereka menyisir jalan tembus dari Trembes ke Kulutan sepanjang 1,2 kilometer. Mereka kemudian berhenti di jembatan hasil gotong royong antara warga setempat dan TNI.

Baca Juga :   Dinperinnaker Rembang Mulai Pasang Layanan Aduan THR

Di sana, Abdul Hafidz mengapresiasi hasil TMMD dan langsung berkomitmen untuk menindaklanjuti jalan makadam tersebut dengan pengaspalan. Ia memprediksi jika turun hujan , makadam itu rawan longsor jika terdapat guyuran air.

“Supaya tidak tertarik air kita aspal, sehingga kita perbaiki. Sanitasinya ini sudah baik jadi tinggal kita aspal, ” imbuhnya.

Bupati menyebut pengaspalan bisa dilakukan tahun depan melalui anggaran bantuan kabupaten.

Orang nomor satu di Rembang itu sangat puas. Menurut Hafidz, akses ini bisa membantu memperlancar akses ekonomi di sektor pertanian dan juga membantu akses warga untuk menuju ke Desa Kulutan. Hal ini dapat menghemat 3 sampai 4 kilometer.

Sementara itu, Dandim Letkol Kav Donan Wahyu Sejati sangat berterimakasih kepada semua pihak yang mendukung TMMD Trembes, termasuk warga setempat. Tanpa bantuan warga jembatan berukuran 6 × 4 meter tidak akan selesai.

Baca Juga :   Cegah Lonjakan Covid-19, Tim Gabungan Rembang Kembali Semprotkan Desinfektan

“Jadi kita lakukan kegiatan pra TMMD, satu bulan sebelum pelaksanaan TMMD bersama warga. Seperti pengecoran awal jembatan, kita disini bergotong dengan warga dari pagi sampai sore, ” ungkap Donan Wahyu Sejati.

Selain pembangunan jalan tembus Trembes – Kulutan, TMMD kali ini juga menyasar rehabilitasi rumah tak layak huni 3 unit, rehabilitasi masjid Al-Furqon, rehabilitasi Madrasah Diniyah Trembes. Kemudian, kegiatan non fisik selain penyuluhan, pencegahan stunting juga layanan Keluarga Berencana (KB) dan serbuan vaksinasi bagi warga setempat. (*)