Asal Usul Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Mitrapost.com – Hari ini, tepatnya 19 Oktober 2021 diperingati sebagai hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan tersebut untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Perlu diketahui, Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah di kota Mekkah yang kini merupakan salah satu kota di negara Arab Saudi.

Demi memperjelas asal usul peringatan salah satu hari besar Islam ini.  Kita wajib tahu bagaimana sejarah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW :

A. Awal Mula Peringatan Maulid Nabi

Awal mula peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diadakan pada abad ke-4 Hijriah oleh Dinasti Fathimiyyun di Kairo, Mesir. Dinasti ini berkuasa pada rentang tahun 362-567 Hijriah.

Baca Juga :   Selamat Hari Buruh, Empat Makna yang Terkandung

Menurut pendapat Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj yang dikutip dari NU Online, Maulid Nabi diadakan pertama kali dari kalangan syiah bernama Abu Tamim Maad Al-Muizz Lidinillah. Ia merupakan khalifah keempat Dinasti Fatimiyah (341-365 H/952-975 M).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati