Cuci Tangan Pakai Sabun, Cegah Diare dan ISPA

Mitrapost.com – Mencuci tangan menggunakan sabun, menjadi salah satu cara untuk mencegah diare dan Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Tidak hanya itu, dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS) menggunakan sabun juga dapat mencegah penularan Covid-19.

Direktur Kesehatan Lingkungan Vensya Sitohang mengatakan mencuci tangan dengan sabun adalah cara termurah, mudah, dan paling efektif untuk menghentikan penularan Covid-19 dan akan tetap menjadi tindakan pencegahan.

Selain itu, cuci tangan menggunakan sabun juga dapat menurunkan penyakit diare hingga 30% dan ISPA hingga 20%. Dua penyakit tersebut merupakan penyebab utama kematian anak Balita di Indonesia.

”Untuk menghentikan penularan Covid-19 dan mencegah wabah di masa depan, semua orang di manapun harus melakukan praktik CTPS,” kata Vensya dalam konferensi pers secara virtual Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Rabu (13/10).

Baca Juga :   Konsumsi Leci Bisa Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Akses fasilitas cuci tangan juga harus disertai dengan perilaku mencuci tangan dengan benar. Diantaranya adalah dengan menggunakan sabun secara teratur, setiap saat kritis, dan mengikuti Teknik mencuci tangan yang benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati