Petani Muda di Pati Masih Minim, Didominasi Generasi Tua

Pati, Mitrapost.com – Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum menyampaikan petani muda di Kabupaten Pati masih sedikit. Usia petani di Bumi Mina Tani ini didominasi usia senja. Rata-rata mereka berusia 50 tahun.

Berdasarkan sampel yang dimilikinya, jumlah petani muda masih kalah jauh dibanding para petani yang berusia tua. Sampel petani muda di Pati tidak menyentuh angka 400. Jika dibanding angka keseluruhan sampel data petani di Pati yang hampir mencapai 200 ribu orang.

“Masih kecil. Pendataan kami, petani muda berkisar 350-an. Dari jumlah (sampel) petani sekitar 150.000,” ungkapnya.

Hal ini pun mengancam masa depan pertanian di Kabupaten Pati. Regenerasi yang tidak berjalan dengan baik membuat petani tidak memilki penerus lantaran pemuda Pati kebanyakan memilih kerja di sektor lain. Padahal sektor pertanian tahan akan krisis dampak dari pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Kopi Robusta di Pati Turun Harga Lagi, Ini Penyebabnya

Sebelumnya, pada Hari Pangan Sedunia yang diperingati 25 Oktober kemarin, Niken mengatakan Kabupaten Pati yang terkenal Bumi Mina Tani membutuhkan keberadaan petani muda atau milenial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati