oleh

Bahaya Mengintai Dibalik Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Beberapa orang seringkali menahan buang air kecil karena berbagai hal. Namun ternyata kebiasaan tersebut berbahaya pada Kesehatan.

Adapun efek Kesehatan menahan buang air kecil diantaranya adalah berakibat buruk pada ginjal. Selain itu juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Dimana infeksi ini terjadi lantaran terdapat kotoran, racun, dan limbah pada sistem kemih.

Jika sering menahan buang air kecil, bakteri yang terkandung di dalam urine akan menyebabkan infeksi pada bagian kandung kemih.

Infeksi ini ditandai dengan rasa nyeri di perut bagian bawah, rasa sakit Ketika sedang kencing, volume urine yang dikeluarkan sedikit, bahkan bisa mengeluarkan darah saat kencing.

Bahaya lainnya adalah bisa memicu terjadinya batu ginjal. Penyakit ini terbentuk karena adanya kalsium dan natrium yang berlebih di dalam ginjal.

Baca Juga :   Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Asin

Jika menahan buang air kecil, maka endapan mineral tidak dapat dikelurkan dan berisiko menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Semakin sering menahan buang air kecil, maka kandungan mineral dan garam yang ada pada urine dapat mengembangkan batu ginjal menjadi ukuran yang lebih besar.

Selain kedua penyakit di atas, menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan inkontinensia urine, serta mengakibatkan melemahnya otot kandung kemih.

Hal itu dikarenakan, Ketika berusaha menahan kencing, maka otot yang berada pada kandung kemih akan menjadi lebih kencang. Jika hal tersebut sering terjadi, maka kekuatan otot akan semakin berkurang.  Akhirnya menyebabkan otot menjadi kendur dan tak lagi elastis.

Kandung kemih yang melemah, bisa meningkatkan risiko terjadinya inkontinensia urine atau kebocoran urine.

Baca Juga :   Suka Makanan Manis Tapi Takut Berisiko Penyakit, Berikut 5 Alternatifnya

Bahaya terakhir karena sering menahan buang air kecil adalah menyebabkan sakit pinggang. Penyebabnya adalah Ketika kandung kemih sudah setengah terisi, saraf yang ada pada sekitar organ tersebut mulai aktif. Sehingga akan merasakan keinginan untuk sering berkemih.

Hal ini sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan rasa nyeri yang dapat menjalar hingga ke bagian pinggang, lantaran Sebagian besar otot yang berada di sekitar kandung kemih dan ginjal terus menerus menegang.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk menahan buang air kecil. (*)

Komentar