oleh

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tak Mudah Keropos

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Tulang adalah bagian organ tubuh yang menunjang gerak tubuh. Walaupun tulang menjadi alat gerak pasif di dalam tubuh manusia. Akan tetapi, tulang memiliki fungsi vital, yaitu melindungi organ tubuh, memproduksi sel-sel darah, dan menyimpan nutrisi, seperti kalsium.

Kebiasaan menjaga kesehatan tulang wajib dilakukan sejak dini agar komposisi tulang tidak rapuh, mudah patah, dan keropos. Terdapat berbagai cara menjaga kesehatan tulang, yaitu :

1. Olahraga Rutin

Salah satu cara yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot adalah dengan berolahraga secara rutin.

Beberapa ahli menyampaikan bahwa olahraga sangat baik untuk mendorong pertumbuhan tulang, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat sendi dan otot, serta mencegah tulang keropos.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa melakukan berbagai jenis olahraga. Mulai dari jalan kaki, naik turun tangga, bersepeda, stretching, berenang, yoga, atau latihan angkat beban. Minimal dilakukan 30 menit setiap hari.

Baca Juga :   Meski Hari Kiamat Tiba, Tulang Manusia Bagian Ini Tak Akan Hancur

2. Penuhi Asupan Vitamin D

Kebutuhan vitamin D penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan membentuk tulang yang kuat. Vitamin D berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mencegah pengeroposan tulang.

Jumlah asupan vitamin D harian yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram (500 IU), sedangkan untuk lansia sekitar 20 mikorgram (800 IU).

Tubuh bisa membentuk vitamin D dengan bantuan paparan sinar matahari pagi dan sore hari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, hati, jamur, telur, sereal yang diperkaya vitamin D, susu, dan keju.

 3. Cukupi Asupan Kalsium

Kalsium merupakan mineral utama yang terdapat dalam tulang. Zat ini juga salah satu komponen utama untuk menyusun dan membentuk struktur jaringan tulang. Jadi penting untuk selalu mencukupi asupannya setiap hari.

Baca Juga :   Hal-Hal yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Untuk mencukupinya, kita dapat mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu, keju, yoghurt, brokoli, kangkung, kacang, tahu tempe, seafood, dan ikan, termasuk ikan salmon, ikan sarden, dan ikan teri.

4. Konsumsi Makanan Padat Nutrisi

Lengkapi juga asupan nutrisi lain yang dapat mendukung kesehatan tulang dan otot, termasuk protein, magenesium, zinc, vitamin C, vitamin K, dan asam lemak omega-3.

Beragam nutrisi tersebut juga berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium, mendorong produksi sel-sel pembentuk jaringan tulang, melindungi sel-sel tulang dari kerusakan, sekaligus menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Untuk menerapkan pola makan bergizi seimbang setiap hari, misalnya dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga :   Alasan Ibu Hamil Rentan Tertular Virus Corona

5. Konsumsi Suplemen

Asupan makanan saja kadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sebagai solusinya, kita dapat mencukupi asupan suplemen, terutama yang mengandung vitamin D dan mineral, untuk melengkapi asupan nutrisi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar