oleh

Myanmar Semakin Memburuk, PBB Gelar Rapat Tertutup

Mitrapost.com– Kondisi Myanmar semakin memburuk, Kepala bantuan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Martin Graffiths menggelar pertemuan dewan PBB karena kondisi Myanmar semakin memburuk.

Dilansir Reuters, pada Selasa (9/11/2021), Graffiths mengatakan bahwa situasi Myanmar bagian barat laut sangat mengkhawatirkan lantaran pertem

Griffiths dalam pernyataannya menyebut situasi di Myanmar bagian barat laut menjadi ‘sangat mengkhawatirkan’, dengan pertempuran meluas antara militer Myanmar.
“Lebih dari 37.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak, baru saja mengungsi, dan lebih dari 160 rumah dibakar, termasuk gereja-gereja dan kantor organisasi kemanusiaan,” tuturnya.
Ia mengaku serangan terhadap infrastruktur sipil dan warga sipil, termasuk pekerja dan fasilitas kemanusiaan, dilarang di bawah undang-undang kemanusiaan internasional. “Harus berhenti segera,” cetus Griffiths.

Pada Senin (8/11) waktu setempat, Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan tertutup untuk membahas situasi terkini Myanmar. Rapat itu bertepatan dengan peringatan setahun terpilihnya kembali pemerintahan Aung San Suu Kyi, yang dilengserkan kudeta militer pada 1 Februari lalu.

“Pemilu itu dianggap bebas dan adik oleh pemantau domestik dan internasional,” ucap juru bicara PBB, Stpehanie Dujarric.

“Perserikatan Bangsa-bangsa menegaskan kembali seruannya agar militer menghormati kehendak rakyat dan mengembalikan negara ke jalur transisi demokrasi,” imbuhnya.

Selanjutnya, Dewan keamanan PBB melakukan pertemuan untuk membahas Myanmar yang diajukan oleh Inggris.
“Kami sangat khawatir dengan peningkatan aksi militer di wilayah barat daya negara itu, dan kami khawatir bahwa ini mencerminkan aktivitas yang kami lihat empat tahun lalu, sebelum terjadi kekejaman yang dilakukan di Rakhine terhadap Rohingya,” ucap Wakil Duta Besar Inggris untuk PBB, James Kariuki. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul “Kondisi Myanmar Memburuk, Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Tertutup”

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral