oleh

UKW Diharapkan Mampu Bangun Bangsa Melalui Media

Rembang, Mitrapost.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, Amir Machmud mengaku bangga atas terselenggaranya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-4. Ini membuktikan masih ada regenerasi di tubuh organisasi profesi wartawan. Terlebih, wartawan sangat dibutuhkan masyarakat untuk menyajikan informasi yang akurat.

PWI Jawa Tengah menyelenggarakan UKW di Hotel Pollos, Rembang. Mereka menggandeng PT Semen Gresik untuk kelancaran acara yang berlangsung selama dua hari, Kamis (11/11/2021) hingga Jumat (12/11/2021).

Tercatat ada 24 wartawan mengikuti UKW dari berbagai unit. Mulai dari unit Muda, Madya dan Utama. Sedangkan untuk penguji ada 4, yakni Isdiyanto Isman dan R. Widiyartono yang menguji wartawan muda. Lalu, Amir Machmud sendiri dan Sasongko Tedjo akan menguji masing-masing Madya dan Utama.

Baca Juga :   Di Masa New Normal, Perpustakaan Keliling Rembang Sasar 14 Kecamatan

“UKW ke-4 yang diselenggarakan bersama PT. Semen Gresik. Ini membuktikan masih adanya regenerasi di tubuh PWI,” tutur Amir Machmud dalam sambutannya.

“Utama ini berhak menjadi Pimpred (Pimpinan Redaksi). Artinya kontribusi PT. Semen Gresik akan bermanfaat hingga kapanpun,” kata Amir Machmud.

Ia menyebut, UKW merupakan pengenaan mahkota profesi wartawan. Dengan adanya UKW,  profesionalitas dapat terwujud. Selain itu, wartawan juga mendorong kode etik jurnalistik dilakukan.

Sementara itu, Kepala Departermen Komunikasi & Hukum Semen Gresik, Gatot Mardiana memaparkan kerja sama ini wujud sinergi pihaknya dengan media. Terlebih media sangat berperan dalam demokrasi dan pembangunan bangsa. Peran inilah yang ingin diperkuat.

“Wartawan memberikan pemahaman kemasyarakatan yang sifatnya edukasi. Mengisi konten agar bisa membangun. Harapan besarnya agar kualitasnya meningkat sehingga memberikan berita yang punya nilai,” tutur Gatot.

Baca Juga :   penempatan Pedagangdi pasar Rogowongso Molor, Begini Jawaban Kepala Pasar

Hal yang senada juga dikatakan Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo. Ia mengatakan wartawan merupakan salah satu elemen penting bagi bangsa dan negara.

“Untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara. Kami ikut memberikan doa. Semoga mendapatkan sertifikat atau lulus secara baik,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral