oleh

Dinas Kesehatan Prediksi Penyakit di Musim Hujan yang Melanda Kabupaten Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Musim hujan akan segera melanda wilayah Kabupaten Rembang akhir tahun ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang peringatkan bahaya Demam Berdarah Dengue dan Diare.

Per November 2021, wilayah Kabupaten Rembang akan segera memasuki puncak musim penghujan. Sejumlah penyakit perlu diwaspadai menjelang musim penghujan tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui dr Ali selaku Sekretaris Dinas mengatakan, di musim penghujan ini masyarakat perlu mewaspadai adanya beberapa penyakit musiman.

Demam berdarah dengue (DBD) dan diare adalah dua penyakit yang paling sering menyerang di kala musim penghujan datang.

“Untuk antisipasi, musim penghujan memang rentan terhadap penyakit DBD dan diare” kata dr Ali saat ditemui di kantornya, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga :   Pandemi Mengganas, Camat Pati Kota: Tolong HP Dinkes Standby 24 Jam

Menurutnya, kedua penyakit tersebut terjadi karena kurangnya kebersihan terhadap air saat musim hujan datang. Banyak nyamuk yang menaruh jentiknya di tempat-tempat yang terdapat genangan air.

“Seperti contoh musim hujan ini kan air menggenang di mana-mana. Nah itu jadi sarang nyamuk, apalagi kalau misal airnya sampai terminum” kata dr Ali.

Untuk mencegah terjadinya penyakit di musim penghujan, dr. Ali meminta agar masyarakat menjaga kebersihan, terutama terhadap genangan air. Seperti rajin menguras bak mandi, menutup tempat air, dan mengubur barang-barang bekas berpotensi menimbulkan genangan air.

“Maka dari itu, kami menghimbau untuk masyarakat di musim hujan begini segera lakukan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur). Karena itu penting, meskipun penyakit musiman tapi tidak boleh disepelekan,” ungkap dr Ali.

Baca Juga :   Harga Jagung Pakan Melambung, Rembang Gandeng Bulog Salurkan Jagung Murah

dr Ali berharap, masyarakat sigap dan tanggap akan ancaman penyakit yang datang di musim penghujan. Dia mengatakan, mencegah lebih murah daripada mengobati ke rumah sakit. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait