Komoditas Hortikultura Jadi Unggulan di Kabupaten Magelang

Magelang, Mitrapost.com – Komoditas Hortikultura menjadi salah satu unggulan di kabupaten Magelang. Hal tersebut didukung dengan keindahan alam dan kesuburan tanah di daerah tersebut.

Komoditas hortikultura juga menjadi unggulan utama penopang perekonomian masyarakat di Magelang.

Komoditas unggulan ini bisa terus dikembangkan oleh petani, baik itu tanaman sayuran, hias, obat maupun buah.

Khusus tanaman buah, melihat data BPS Kabupaten Magelang dari tahun 2017-2020, buah durian, alpukat, salak, sirsak dan manggis meningkat produktivitasnya. Namun ada beberapa komoditas buah justru mengalami penurunan seperti jeruk, kelengkekng, pepaya dan pisang.

“Keprihatinan saya pada komoditas jeruk yang mengalami penurunan cukup drastis, dari produksi 2.600 ton menjadi tinggal 300 ton saja. Mulai bulan Maret lalu, saya menginisiasi pengembangan budidaya bibit jeruk keprok Ngablak yang semakin langka karena terserang hama penyakit huanglongbing. Puji syukur, awal Desember ini, 1.000 batang jeruk keprok Ngablak yang unggul tahan penyakit, akan segera ditanam di dua desa di KecamatanNgablak,” ujar Vita Ervina, anggota Komisi IV DPR RI, saat membuka Bimtek  dengan tema “Peluang dan Tantangan Ekspor Komoditas Holtikultura di Magelang” yang berlangsung di wisma Sejahtera Kota Magelang, Jumat (19/11).