Lakon Babad Sojiwana Pentaskan Kisah Relief Candi Sojiwan

Klaten, Mitrapost.com – Lakon Babad Sojiwana pentaskan kisah dari relief candi Sojiwan yang dinilai menyimpan banyak misteri.

Konon relief itu berkisah tentang kehidupan penuh makna yang dilakonkan melalui cerita fabel. Melalui seniman muda Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten, cerita fabel itu dipentaskan apik dalam lakon Babad Sojiwana bertempat di komplek Candi Sojiwan, Prambanan, Klaten Sabtu malam (27/11/21).

Pendamping budaya desa, Titik Susana Ristyawati saat dikonfirmasi (29/11) mengatakan, Candi Sojiwan merupakan salah satu destinasi wisata yang belum dimanfaatkan keberadaannya. Khususnya relief candi banyak menyimpan cerita yang kaya atas pelajaran hidup.

“Keunikan Candi Sojiwan adalah adanya panel–panel relief cerita fabel 16 di antaranya dari 20 panel bersumber cerita Jataka yang berasal dari India yang tidak dimiliki candi lain. Dari 16 kisah Jataka, baru 1 cerita yang telah diimplementasikan ke dalam tari kolosal, yaitu relief ke 10. Masih ada 15 kisah Jataka yang belum tergarap,” tuturnya.