oleh

Video : Pengungsi Asal Afghanistan di Medan Bakar Diri, Diduga Depresi dan Stres

Mitrapost.com – Aksi nekat dilakukan seorang pengungsi Afghanistan yang tengah melakukan unjuk rasa di depan Gedung Perkantoran Forum Nine CIMB Niaga di Medan, tempat perwakilan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) berkantor, Selasa (30/11/2021).

Pengungsi berinisial AS melakukan aksi bakar diri. Aksi bakar diri itu dilakukan di selasar gedung perkantoran itu sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut keterangan saksi di sekitar lokasi, AS naik ke selasar gedung dari jalur masuknya mobil. Sekuriti yang berjaga sempat mencegahnya. Namun dia tetap ngotot untuk masuk.

Kemudian, laki-laki 22 tahun itu mengeluarkan botol berisi bensin dan langsung menyiramkan ke badannya. Rekan-rekannya sesama pengungsi sempat mencegahnya.

Baca Juga :   Video : Dua Pekan Operasi Yustisi, Satpol PP Amankan Denda Rp2,6 Juta dari Pelanggar Prokes

Namun AS mengancam dengan korek api yang sudah dinyalakan di kedua tangannya. Hingga akhirnya, dia mengarahkan korek ke badannya dan api langsung membakar tubuhnya.

Petugas keamanan langsung memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Menurut saksi, api membakar seluruh tubuh bagian pinggang ke atas.

Aksi bakar diri ini terjadi disela unjuk rasa pengungsi yang sudah berlangsung selama 30 hari di sana. Mereka kecewa dengan UNHCR yang tidak memberikan tanggapan apa-apa. Tuntutannya, para pengungsi ini meminta UNHCR egera memberangkatkan mereka ke negara suaka.

Koordinator aksi Muhammad Juma menjelaskan aksi bakar diri ini diduga dilakukan karena pelaku depresi.

Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari instansi terkait baik dari UNHCR dan Imigrasi setempat terkait kejadian itu. Pihak UNHCR yang dikonfirmasi belum memberikan respon.

Baca Juga :   Video : Aliansi Masyarakat Santri Lasem Usulkan Hal Ini dalam Penataan Kota Pusaka

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait