Rumah Tenun, Jadi Eduwisata Menarik di Magelang

Hingga saat ini, Shaleh mengatakan, kendala dalam proses pembuatan kerajinan dari serat alam adalah di pengolahan bahan. Menurutnya, bahan baku pembuatan serat alam tersebut tidak selalu konsisten tersedia. Selain itu, proses pewarnaan menjadi warna yang dinginkan juga tidak mudah.

Dirinya menjelaskan, di Rumah Tenun Magelang miliknya, wisatawan akan diajak untuk melihat jenis tumbuhan yang digunakan, proses pengolahan, proses pewarnaan, hingga proses produksi menjadi barang kerajinan interior bernilai tinggi.

Selain itu, wisatawan juga akan dimanjakan dengan kuliner khas Rumah Tenun Magelang yang disetting jadi restoran mewah dengan suguhan jamu beras kencur serta kunir asem.

Dalam kesempatan itu, Slamet Achmad Husein, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, turut mencoba alat tenun tersebut. Ia mengatakan, destinasi tersebut sangat unik karena terdapat perpaduan antara ekowisata, wisata alam dan eduwisata.

Baca Juga :   News Grafis : Buah Segar Dibagikan Dispertan

“Ini masuk dalam bidang pariwisata khususnya ekonomi kreatif yang tentunya akan mendorong ekonomi masyarakat pedesaan,” kata Husein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati