oleh

Polemik Anggaran MPR Dipotong, Publik Pertanyakan Kinerja MPR

Mitrapost.com– Wakil Ketua MPR RI Bidang Anggaran, Fadel Muhammad mengungkapkan alasan mengapa harus memberhentikan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan. Anggaran besar dipotong membuat publik mempertanyakan apa kinerja MPR.

Ia mengatakan bahwa Sri Mulyani berulang kali mangkir rapat dan memangkas anggaran MPR. Isu ini berkembang hingga menyeret nama Fadel yang terlibat dalam utang BLBI.

Pimpinan MPR meminta Presiden Joko Widodo agar memberhentikan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan. Hal ini berawal dari masalah anggaran dan mengkirnya ia dalam undangan rapat.

Lebih jauh, MPR tidak terima anggarannya dipotong karena masalah Covid-19. MPR mendapatkan anggaran Rp 695,7 miliar dari pengajuan sebesar Rp 1,4 triliun.
Saat ini, banyak pihak yang mempertanyakan kinerja MPR hingga meminta anggaran yang begitu besar.

Baca Juga :   Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas

Seiring dengan polemik ini bergulir, banyak pihak yang juga mempertanyakan kinerja MPR RI sampai minta anggaran sebesar itu.

Fadel angkat bicara bahwa pihaknya memahami situasi pandemi yang mengharuskan pemerinta melakukan pemangkasan anggaran.

“Iya itu kan kita mengerti, kita yang membantu pemerintah untuk mengatur membantu supaya penanganan COVID-19 dapat anggaran. Yang jadi persoalan adalah dari Kemenkeu menganggap MPR seperti dulu saja,” tuturnya dalam program Blak-blakan detikcom, Jumat (3/12/2021).

Fadel mengungkapkan Kemenkeu tidak menghitungkan bahwa saat ini pimpinan MPR 10 orang, berbeda dengan sebelumnya yaitu 4 orang.

Ia juga menjelaskan MPR memiliki kegiatan rutin penilitian, sosialisasi 4 pilar MPR, dan kunjungan ke dapil.

“Kemudian sekarang kegiatannya untuk sosialisasi 4 pilar itu malah bertambah, dan semua orang meminta hal ini dan semua anggota MPR kita beri kesempatan ke dapil mengenai 4 pilar ini. Dan banyak kegiatan-kegiatan penelitian, apalagi sekarang kita lagi sibuk-sibuk dengan pokok-pokok haluan negara seperti GBHN,” bebernya.

Baca Juga :   Belum Berstatus sebagai Tersangka, Pria Berusaha Kabur dari Polda Metro Jaya

Ia juga mengatakan MPR terlah melakukan rapat secara daring, namun hal tersebut bukan menjadi alasan anggaran MPR dipotong.

“Iya kita sudah berkali-kali mengatakan kita mengerti, tapi kan bukan berarti harus dipotong setengah. Dari Rp 1 koma sekian triliun sekian jadi Rp 600 miliar. Kita kan juga malu kalau bicara anggaran terus pada pendudukan lembaga negara, ya malu kita, nggak enak gitu,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik Finance dengan judul Fadel Buka Suara soal Utang BLBI hingga Alasan Minta Sri Mulyani Dicopot”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait