PLN Masih Utang Rp 430 Triliun

Mitrapost.com– PT PLN saat ini masih memiliki utang Rp 430 triliun. Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama Baru PLN menargetkan dapat memangkas Rp 22 triliun tahun depan.
“Tahun depan rencana kita akan mengurangi utang kita sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22 triliun. Tahun depannya juga kita akan mengurangi kan kita juga dengan jumlah yang hampir mirip,” katanya dikutip dari detikcom, Senin (13/12/2021).

Pemangkasan utang PLN tersebut dibayar dengan keuntungan yang didapat pada proyek-proyek. Alhasil nantinya pembayaran utang PLN tidak dengan utang.

Untuk mencapai target tersebut, Darmawan berkaca pada tim yang dipimpin oleh Dirut sebelumnya yaitu Zulkifli Zaini dan berhasil memangkas utang PLN sekitar Rp 20 triliun.

Baca Juga :   Buka Perusahaan di Wilayah Gibran, Shopee Buka 2.000 Lowongan Pekerjaan

Selama ini, dalam memangkas utang PLN menargetkan bisa membayar dengan keuntungan yang didapat dalam proyek-proyeknya. Alhasil dengan begitu pembayaran utang tidak dengan utang.

“Jadi selama ini, begitu kita melakukan keputusan investasi kita pastikan bahwa rate of item dan atau komersial variability dari proyek itu harus lebih tinggi cost of fund kita . Semoga ke depannya bisa save financing, jadi bisa mencicil dengan adanya project-project tersebut tanpa adanya menambah utang kembali,” katanya.