Kearifan Lokal, Minum Wedang Sembari Kunyah Gula Jawa

Kemudian di tahun 2018 awal, dirinya membangun Gubug Kopi Borobudur bersama keluarganya di Dusun Sendaren 1 Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur. Dengan cara tersebut, Agus mengaku bisa memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga dan masyarakat sekitar.

“Banyak yang kemudian mendapatkan rezeki dari tempat ini. Mulai dari angkutan wisata seperti VW, dan masyarakat sekitar. Karena selain kami ajarkan cara minum kopi dan teh sesuai tradisi kami, pengunjung juga kami perlihatkan cara membuat gula Jawa murni, selain itu oleh-oleh juga ada di sini yang dibuat oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang sudah berkunjung ke tempatnya, seperti dari Swiss, Belanda, Jepang, China. Agus mengatakan, wisatawan tidak diharuskan membeli produk gula Jawa di tempatnya. Namun sebagian besar wisatawan pasti akan membeli oleh-oleh berupa gula Jawa.

Baca Juga :   Tes Acak, Dua Wisatawan Candi Borobudur Positif Covid-19 Setelah Swab

“Karena berawal dari niat melestarikan tradisi, maka wisatawan yang datang ke tempat kami tidak harus membeli produk di sini. Mereka datang dan tahu tradisi kami saja itu sudah membanggakan bagi kami,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati