Kearifan Lokal, Minum Wedang Sembari Kunyah Gula Jawa

Magelang, Mitrapost.com – Minum wedang sembari kunyah gula jawa, menjadi salah satu kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai luhur peradaban yang sudah selayaknya dijaga konsistensinya dan menjadi ciri khas suatu daerah.

“Tradisi minum kopi maupun teh dengan cara mengunyah gula Jawa ini masih terus kami lestarikan dan kami lakukan hingga sekarang,” kata Agus, Pemilik Gubug Kopi Borobudur, Senin (13/12).

Menurutnya, tradisi tersebut sudah ia dapatkan dari keturunan keluarga sejak dulu. Sehingga, kemudian dirinya membuat ide untuk mengemas tradisi tersebut sebagai paket wisata.

Dengan begitu, menurut Agus, bisa menjadi cara untuk mengenalkan tradisi tersebut kepada orang lain dan menambah pundi-pundi pemasukan untuk keluarganya bahkan masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga :   Tes Acak, Dua Wisatawan Candi Borobudur Positif Covid-19 Setelah Swab

“Untuk melestarikan salah satu caranya adalah dengan kita mengenalkan. Dengan banyak orang yang kenal dengan tradisi tersebut maka secara otomatis nilai pelestarian tersebut sudah kita lakukan,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati