Tanaman Padi Sempat Layu, Dintanpan Rembang Ungkap Belum Terima Laporan

“Memang kalau untuk wilayah timur, Sarang, Sedan, Sale itu sering mundur (tanam). Jadi wilayah barat itu sudah tanam, daerah itu (timur) belum ada hujan,” kata pada Rabu (22/12/2021).

Pihaknya memperkirakan, karena tahun lalu, musim tanam 2020-2021 bulan Oktober sudah mulai tanam, sedangkan tahun ini mundur, sehingga beberapa petani di wilayah timur kabupaten Rembang ada yg sudah mulai menanam pada bulan November tahun ini. Hal tersebutlah yang memicu keresahan, karena nyatanya musim hujan tahun ini mengalami kemunduran.

Meski sempat mengalami kekurangan air, akan tetapi diperkirakan di akhir Desember ini, musim hujan akan segera tiba di wilayah timur kabupaten Rembang, sehingga diharapkan bisa menjadi kabar baik untuk para petani.

Baca Juga :   Dinlutkan Rembang Ditarget Penuhi PAD Sebesar Rp 15 Miliar

“Selasa kemarin kan sudah hujan to, nah itu kami harap jadi suatu pertanda baik. Artinya kalau hujan ini akan ada terus menerus, kekeringan yang kita khawatirkan Insyaallah tidak terjadi,” kata Desti.

Melalui Kabid TPH, Dinas pertanian berharap agar masyarakat lebih responsif terhadap kondisi cuaca. Sehingga jika memang belum waktunya, agar tidak tergesa-gesa dan timbul keresahan seperti beberapa hari terakhir. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati