oleh

Video : Darurat Krisis Kebudayaan di Era Disrupsi, Endro dan Pemprov Jateng Adakan PSJT 2021

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Di tengah era disrupsi timbul ketimpangan tranformasi budaya nasional. Hal ini menjadi kekhawatiran bersama karena budaya lokal tergerus oleh datangnya globalisasi yang membawa budaya asing.

Berangkat dari situasi itu, Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Endro Dwi Cahyono bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berinisiatif gelar Pentas Seni Jawa Tengah (PSJT) Tahun 2021.

Pementasan tersebut melibatkan pelaku seni asal Pati, yakni Kethoprak Wahyu Manggolo. Nantinya kegiatan itu diselenggarakan di Sanggar Kethoprak Wahyu Manggolo, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati pada Sabtu (25/12/2021) pukul 19.00 WIB.

Anggota DPRD Jawa Tengah Dapil IV itu menjelaskan, berlangsungnya kethoprak menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan membatasi kapasitas penonton. PSJT kali ini dilaksanakan secara hibrid disiarkan melalui channel Youtube Wahyu Manggolo.

Baca Juga :   Relief di Candi Borobudur Ditransfer Menjadi Tarian

Gelaran PSJT bermaksud ajak pemuda melestarikan budaya lokal. Pasalnya, budaya Nusantara telah diabaikan lantaran maraknya tayangan-tayangan mancanegara. Kondisi tersebut menyebabkan nilai-nilai leluhur ditinggalkan.

“Di era disrupsi, generasi muda tersihir budaya luar. Globalisasi sudah tidak terbendung. Tentu kita prihatin. Kita ajak masyarakat dan generasi muda tidak meninggalkan budaya kita yang multikultural ini,” ujar Anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat konferensi pers, di Aula Gedung PT. Dewi Pengayom Bangsa, Rabu (22/12/2021).

Ia memandang pembangunan berbasis budaya belum berhasil direalisasikan padahal langkah itu mampu menyelamatkan generasi dari krisis budaya. Oleh karenanya, ia berpesan agar masyarakat tidak hanya menjadi konsumen kebudayaan saja tapi harus menjadi produsen kebudayaan.

Baca Juga :   Video : Dukcapil Pati Telah Cetak 111.410 Kartu Identitas Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral