Berikut Tokoh-tokoh yang Pernah Memimpin PBNU

Mitrapost.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi dinahkodai ketua baru, ia adalah KH Yahya Cholil Staquf.

Ulama yang lebih akrab disapa Gus Yahya terpilih menjadi Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 berdasarkan pemilihan di Muktamar ke-34 NU. Pemilihan tersebut diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila), Jumat (24/12/2021) pagi.

Gus Yahya terpilih karena meraih suara terbanyak. Perolehan suara yang didapatnya ialah 337 . Jumlah ini mengungguli lawannya, KH Said Aqil Siradj yang memperoleh suara sebanyak 201. Dua nama itu dipilih kembali dalam putaran kedua.

Awalnya, pemilihan dilakukan dengan bentuk bakal calon Ketua Umum PBNU. Dalam pemilihan itu muncul nama Yahya Staquf, Said Aqil, As’ad Ali, Marzuki Mustamar, Ramadan Bayo.

Baca Juga :   Gus Baha Masuk Bursa Ketua PBNU, Warga NU Ingin Regenerasi Kepemimpinan

Berdasarkan aturan yang ada, bakal calon yang memiliki lebih dari 99 suara berhak lanjut ke putaran berikutnya. Di putaran pertama ini, hanya Yahya dan Said yang berhak melaju ke putaran berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati