Mesin CNC Tak Akan Menggeser Eksistensi Pengukir Kayu di Jepara

Jepara, Mitrapost.com – Keberadaan mesin computer numerical control (CNC) yang mampu menghasilkan produk ukiran kayu tidak membuat pengukir Jepara takut. Pelaku usaha industri ini pun tidak khawatir akan kehilangan pasar produk mebel dan ukir di luar negeri.

Hal tersebut mengemuka dalam dialog khusus yang membahas regenerasi seni ukir Jepara, Kamis (30/12/2021). Dialog yang digelar di komplek Kantor Bupati Jepara dengan menghadirkan Bupati Jepara Dian Kristiandi, pengukir senior sekaligus pelaku usaha mebel Sutrisno, dan pengukir dari kalangan milenial Rendra Styawan itu berlangsung menarik.

Pengukir senior Sutrisno mengatakan, keberadaan mesin CNC tidak akan mampu menggantikan produk ukir dengan karakter seperti yang dihasilkan pengukir Jepara.

Baca Juga :   Rencana Peresmian Gedung Asosiasi Korea, Diharapkan Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

“Gen kami di Jepara adalah gen pengukir. Jadi ukiran Jepara tak akan hilang. Karakter ukiran kami berbeda. Tidak bisa ditemukan di mana pun,” tegasnya.

Dengan kondisi tersebut, ia yakin ukiran Jepara akan tetap lestari. Menurutnya, mesin CNC pun tak akan bisa menghasilkan produk ukir sebagaimana yang dihasilkan tangan-tangan terampil pengukir Jepara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati