Tsunami Terdeteksi di Indonesia

Ia menuturkan bahwa PUMMA Inexpensive Device for Sea level Measurement (IDSL) sudah selama 3 tahun dipasang di selatan Jawa dan barat Sumatera.

“Ini ke depannya, otoritas terkait bisa mengadopsi ini. Sudah 3 tahun pemasangannya dan selama ini alhamdulillah kinerja masih baik dan data bagus, harga murah, perawatan murah,” ucapnya.

Sementara itu, Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG kenaikan muka air 20-30 cm di selatan Jawa perlu dianalisis. Namun saat ini ia tetap berpegang pada keterangan BMKG yang menyebut akibat erupsi gunung di Tonga.

“Iya benar, saya dalam posisi skeptis artinya saya tidak menolak tetapi saya juga belum menerima,” kata Daryono.

Baca Juga :   Tangani Kekerasan Seksual di Kampus, Pimpinan dan Mahasiswa Unnes Gelar Uji Publik

“Tetapi saat ini saya masih berpatokan data kami kemarin bahwa tsunami tidak berdampak di wilayah Indonesia,” imbuhnya.

Diketahui bahwa tsunami menerjang Tonga terletak di Pasifik Selatan. Saat ini warga Tonga mengungsi ke daratan yang lebih tinggi.

“Gelombang tsunami setinggi 1,2 meter teramati di Nukualofa,” demikian pemberitahuan Biro Meteorologi Australia via Twitter, seperti dilansir AFP, Sabtu (15/1/2022). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati