Wadahi Aktivitas Kaum Disabilitas, Setiap Kelurahan Didorong Siapkan Ruang Difabel

Semarang, Mitrapost.com – Sebagai langkah untuk mewadahi aktivitas kaum disabilitas, setiap kelurahan yang ada di kecamatan Pedurungan, kota Semarang, didorong untuk menyiapkan ruang difabel.

Camat Pedurungan, Eko Yuniarto mengatakan, hingga saat ini, masih terdapat orang tua menyembunyikan anak yang memiliki keterbatasan.

Padahal sebenarnya, para anak disabilitas tersebut ingin bersosialisasi, bermain, dan produktif, salah satunya untuk membantu perekonomian keluarga.

Sehingga, dirinya tergerak untuk mengaktifkan kembali ruang-ruang difabel di setiap kelurahan. Apalagi, jumlah kaum difabel di Pedurungan tergolong cukup banyak.

“Ada 12 kelurahan di Pedurungan, belum terbentuk semuanya. Kami mendorong itu terbentuk. Yang ada di Tlogosari Kulon dan Tlogomulyo,” papar Eko.

Menurutnya, pembentukan ruang difabel di setiap kelurahan bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya, pihaknya bisa mengundang pelatih untuk memberikan pelatihan kepada kaum difabel sehingga mereka bisa mandiri secara ekonomi. Di sisi lain, mereka bisa bersosialisasi dengan yang lain. Pasalnya, mereka sama seperti warga pada umumnya yaitu mendapatkan hak untuk bersosialisasi.