Dukung Pemulihan Eknomi Nasional, Pemkab Rembang Genjot Investasi

Rembang, Mitrapost.com – Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Baro” mendorong Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) me-review kondisi investasi di Rembang.

Ia menyampaikan, melandainya kasus Covid-19 menjadi momentum bangkitnya ekonomi nasional, termasuk Rembang.

“Ya kita minta review, jadi pada saat pandemi itu seperti apa investasinya. Tadi saya minta data investor untuk kita validasi, kita verifikasi ke lapangan ini jalan atau tidak, ” ujarnya saat menjadi pembina apel di halaman kantor DPMPTSP, Selasa (25/1/2022).

Pada kesempatan itu, apel diikuti oleh jajaran DPMPTSP dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kabupaten Rembang.

Pria yang kerap disapa Gus Hanies mendorong percepatan kinerja DPMPTSP dalam rangka mewujudkan Rembang Gemilang.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Pastikan Stok Elpiji Aman Selama Ramadan

Di sisi lain, Kepala DPMPTSP Kabupaten Rembang Imung Tri Wijayanti menyebut, tahun 2021 nilai investasi mencapai Rp. 1,2 triliun, nilai tinggi tersebut dipicu karena ada perusahaan baru yang melakukan konstruksi, yakni pembangunan pabrik Parkland World Indonesia saat pandemi. Lantaran belum beroperasi maka serapan tenaga kerjanya masih rendah.

Pada tahun ini, ia optimis akan banyak Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanam Modal Asing (PMA) masuk di Kabupaten Rembang. Beberapa di antaranya, PT.HOKI dan PT.Handal Sukses Karya (HSK).

“Di 2022 PT HSK mulai melakukan perekrutan tenaga kerja yang banyak. Ini setidaknya mampu mengurangi pengangguran,” ujar Imung.

Berdasarkan data di DPMPTSP tahun 2020, serapan tenaga kerja sebesar 2.773. Sedangkan serapan tenaga kerja di tahun 2021 naik menjadi 16.126 orang. 

Baca Juga :   Level 1 PPKM, Wisatawan Rembang Meningkat di Hari Libur Nasional

Kondisi ini dinilai mampu mengurangi angka pengangguran di Rembang. Sehingga peran Dinperinnaker juga penting guna melakukan validasi tentang ketenagakerjaan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati