Sejarah Penemuan Perahu Kuno di Desa Punjulharjo Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Penemuan perahu kuno di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang sempat membuat publik heboh. Perahu yang diperkirakan berasal dari abad ke-7 itu telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya.

Ubadilah selaku Sekretaris Desa Punjulharjo mengatakan, perahu kuno tersebut ditemukan pada 2008. Penemuan berawal saat lahan perkebunan milik seorang warga akan dibuat menjadi lahan tambak garam.

“Saat proses penggalian untuk dijadikan tambak garam itu, secara tidak sengaja salah satu pekerja menemukan kayu terpendam. Saat dicoba digali lebih dalam dan lebih lebar, kayu itu membentuk sebuah perahu,” ujar Ubadilah kepada Mitrapost.com, Rabu (8/2/2022).

Pemerintah Desa (Pemdes) melapor kepada instansi terkait. Sampai akhirnya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala turun tangan untuk menindaklanjuti temuan itu.

Baca Juga :   Poros Jalan Desa Akan Diatur Melalui Peraturan Bupati

“Bahkan sampai peneliti dari negara Perancis, Prof. Manguin turut serta meneliti temuan perahu tersebut. Setelah diteliti kayunya, kayu dari jenis ulin yang banyak ditemui di Jawa, Sumatra dan Kalimantan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati