Dana Desa di Kabupaten Pati Sudah Capai Tahap Proses Pencairan

Pati, Mitrapost.com – Dana Desa (DD) untuk Wilayah Kabupaten Pati sudah mencapai proses pencairan dana, dengan total pencairan DD untuk tahun 2022 ialah Rp427,09 miliar.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana dan Pelayanan Dana Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Nilam Ristiana mengatakan bahwa pihaknya telah bersurat kepada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati, tertanggal 14 Feb 2022, perihal pencairan DD.

“kami sudah bersurat kepada BPKAD Kabupaten Pati, pada tanggal 14 Feb 2022, untuk pencairan DD dan BLT DD 301 Desa mas,” ujarnya, saat diwawancarai Mitrapost.com pada Kamis (17/2/2022) via telepon.

Nilam Ristiana mengatakan, Mekanisme penyaluran DD ini diawali dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN). Selanjutnya ke Rekening Kas Desa (RKD) melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Baca Juga :   Menjelang Ramadhan, Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Penyaluran Dana Desa (status Desa non mandiri) dilakukan dalam tiga tahap. Dimana tahap pertama sebesar 40 persen dari pagu DD. Sedangkan untuk penyaluran setiap desa, paling cepat dilakukan bulan Januari dan paling lambat bulan Juni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati