Raperda Pesantren Disesuaikan dengan Kultur Pesantren di Pati

Pati, Mitrapost.com – Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Bambang Susilo mengatakan Fraksi PKB akan mengawal ketat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pondok Pesantren.

Harapannya, pembahasan instrumen daerah ini rampung tahun 2022 sehingga bisa segera memberi manfaat bagi pegiat pondok pesantren di Kabupaten Pati.

Menurutnya Perda Pesantren menjadi dasar hukum pengakuan keberadaan lembaga pesantren di Kabupaten Pati.

“Kita dan PKB di semua tingkatan intinya memperjuangkan Perda Pesantren. Kebetulan PKB di semua tingkatan diundang (Halaqoh RMI). Intinya untuk memperjuangkan Perda Pesantren jangan sampai gagal,” kata Bambang.

Lanjut Bambang, Perda Pesantren sebetulnya bukan hal yang baru di Indonesia, pemerintah pusat sendiri telah mengundangkan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Baca Juga :   Pasca Dua Kali Menang di Pertandingan Uji Coba, Persipa Banyak Tawaran Melawan Tim Besar

Namun, setiap daerah mempunyai Perda Pesantren yang berbeda-beda. Oleh karenanya, untuk menyesuaikan kultur pesantren lokal perlu banyak pihak untuk meng-godog Raperda ini.

“Terutama Kabupaten Pati kaitannya dengan menyukseskan Perda ini. Saya kira normatif. Kalau di Pati kita kaji muatan lokalnya sepanjang tidak bertentangan dengan pemerintahan, bisa jalan. Ini tidak bisa lepas dari kultur. Mungkin di Kendal berbeda dengan Pati,” imbuh Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati itu.

Bambang mengaku, meski Raperda yang diinisiasi oleh Komisi D DPRD ini sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2022, namun hingga kini Raperda Pesantren masih belum dibahas.

Kendati demikian, DPRD Kabupaten Pati telah menunjuk beberapa tim ahli untuk mengkaji lebih dalam Raperda tersebut. (*)

Baca Juga :   DPRD Pati Laporkan Hasil Rapat Bapemperda

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati