DTKS Desa Ngawen Masih Menggunakan Data 2011-2013

Pati, Mitrapost.com – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang digunakan Pemerintah Desa (Pemdes) Ngawen, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati masih menggunakan data lama, yakni data tahun 2011-2013.

Hal ini memicu ketidaktepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk masyarakat desa tersebut. Ada beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di sana yang menerima bansos, tetapi dalam kondisi ekonomi yang terbilang mapan. Selain itu terdapat pula KPM yang double data.

“Memang data yang kita pakai adalah data tahun 2011-2013, tapi kami melakukan istilah tambal sulam. Jadi yang meninggal tidak kami hapus, tapi kami langsung alihkan dengan ahli warisnya,” ujar Budi selaku Perangkat Desa tersebut yang mengurus pendataan penerima bansos kepada Mitrapost.com, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga :   Pandemi Covid-19, Angka Kemiskinan di Pati Capai 128 Ribu Jiwa

Sedangkan, untuk pembaruan data maupun pengajuan nama baru untuk penerima DTKS prosesnya lama bahkan tidak ada kejelasan.

“Hal itu bukan tanpa sebab, karena kalau data dihapus terus mengajukan nama baru memerlukan waktu yang sangat lama, belum tentu satu tahun jadi, itu alasan kita, ” imbuhnya.

Namun, hal ini jelas menyalahi regulasi yang berlaku. Data yang digunakan untuk DTKS seharusnya data terbaru dari pemerintah desa yang dimasukkan ke SIKS-NG.

Hal seperti ini menjadi polemik masyarakat. Pasalnya regulasi dari pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati seharusnya diberlakukan dengan jelas.

Keaktifan pemerintah desa juga harus nyata di garda terdepan untuk pendataan yang akurat, supaya tidak terus-menerus menggunakan data yang telah kadaluarsa.

Baca Juga :   Curah Hujan Tak Teratur, Jadi Kendala Pada MT-1

Adanya hal seperti ini harus menjadi pembelajaran bagi kedua belah pihak. Dari dinas perlu memerhatikan secara langsung ke bawah. Dan, yang bawah harus bekerja dengan profesional demi kesejahteraan warganya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati